36 Meter Kain Batik Untuk Baju Mobil

Mobil Unik Berbaju Batik

Mobil Unik Berbaju Batik

Mobil ini langsung menarik perhatian siapa saja yang kebetulan melihatnya. Bukan dari bentuknya yang aneh atau bertransformasi, tapi lantaran mobil ini bodinya berbaju batik di sekujur bodinya.

Meski mobil batik seperti ini bukan kali pertama di Indonesia, namun mobil berbaju batik cukup jarang ditemui. Enggak heran juga jika Honda Cielo ini tetap membuat mata berpaling dari pandangan di sekitarnya dan tertuju kepadanya.

Terlebih, “baju” batik yang digunakan mobil ini bukan hasil cat atau <I>cutting sticker<I>, melainkan menggunakan kain batik asli !. Wow

Bermotif Projo yang notabene adalah motif khas Solo, mobil keluaran 1995 ini memang dipunyai putra daerah Wonogiri yang merupakan bagian dari wilayah Soloraya. Dia adalah Donny Putra, yang ingin menampilkan budaya tradisional lewat karya modifikasi. “Konsepnya Color of Indonesia. Jadi saya kira batik ini cukup khas untuk mewakili konsep itu,” kata mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ini saat kutemui di Stadion Manahan, Solo, 2011 lalu.

Tidak hanya bodi luar, namun interiornya juga tak luput dari sentuhan kain batik. Misalnya pada langit-langit, jok, dasbor, kemudi, pilar, doortrim dan sebagainya. Bisa dibilang, semua interiornya kena sentuhan batik. Dia butuh 36 meter kain batik untuk mobilnya ini (lebar 1 meter).

mobil batik2

Sementara itu, mengerjakan pembatikan ini bukan perkara mudah. Selain dibutuhkan keahlian dan kesabaran, juga duperlukan ketelitian agar hasil yang diperoleh nanti bisa sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu bagian yang sulit dalam pengerjaannya adalah bagian lekukan, baik pada eksterior maupun interior. Pasalnya, pada lekukan-lekukan ini kadang timbul “gelembung” pada ujung lipatan kain. Jika tidak disiasati, gelembung kain ini bisa sangat mengganggu penampilan. Makanya, untuk lekukan ini kain harus dipotong dan dijahit. Nah, menyesuaikan jahitan dengan sudut ini juga harus ekstra hati-hati, kata Donny.

Namun dia tidak menggarap sendiri pekerjaan batik ini. Dia mempercayakan kepada bengkel car leather specialist di SUkoharjo. Sayangnya, Donny nggak lama-lama membungkus mobilnya dengan batik. Beberapa bulan kemudian mobilnya berganti kulis warna hitam dof. Yah, setidaknya kreasinya ini bisa jadi inspirasi kawan yang ingin memodifikasi mobil. Nggak harus batik kok. Bisa bahan lain. Pelepah pisang misalnya J

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s