Makan Siang di Kebun Teh Kemuning

Kebun Teh Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah

Kebun Teh Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah

Hari libur menjadi waktu yang sangat aku tunggu. Selain beristirahat dari pekerjaan, hari libur juga menjadi waktu yang sangat baik untuk berbagi bersama keluarga. Biasanya pada hari libur aku memilih makan siang di luar rumah bareng semua anggota keluarga (istri, dua anak, dan satu pembantu). Nggak usah jauh-jauh yang penting makanannya enak dan sukur-sukur harganya bersahabat.

Tapi ternyata seringkali aku mendapatkan masalah dengan banyak tempat makan. Tempatnya sempit dan panas. Padahal, dengan dua anak, masing-masing 6 tahun (perempuan) dan 2 tahun (laki-laki), nggak mungkin mereka duduk manis saat kita sedang makan. Pastilah mereka maunya jalan kesana-kemari, nggak mau diem. Nah kalo itu terjadi diruang sempit, yang ada malah nabrak sana-sini.

Akhirnya, prioritas tempat makan bagiku adalah yang lokasinya luas dan ada play ground-nya supaya anak-anak bisa bermain di sela-sela makan. Biasanya aku sama istri dan anakku yang pertama makan duluan. Sementara pembantu nemenin main anak yang kecil sambil nyapin makan juga. Kalo kita udah selesai, ya gantian pembantu yang makan berikutnya.

Btw, kebutuhan akan lokasi makan ini sudah ditangkap oleh para pengelola tempat makan. Banyak yang menyediakan tempat yang luas plus play ground. So, kali ini aku akan nulis tempat-tempat makan di Solo dan sekitarnya yang punya kayak gitu. Tentunya yang pernah aku cobain aja. Yang lain (kalau ada lagi) ya nyusul aja.

Pertama adalah Kemuning Resto, di Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasi ini berada di Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar dan berjarak sekitar 40 kilometer ke arah timur dari Solo.

Ini adalah salah satu tempat favoritku. Resto ini berada di tengah-tengah kebun teh Kemuning. So pasti Pemandangan utama di lokasi ini adalah hamparan kebun teh yang luas dan indah. Dominasi warna hijau daun dari pohon perdu ini seolah mengistirahatkan mata. Udara segar di lereng Gunung Lawu ini terasa memanjakan hidung yang terbiasa dengan polusi kendaraan.

Di resto ini ada sederet rumah-rumahan lesehan untuk makan yang masing-masing cukup luas, ada juga kolam pemancingan. Ada juga tiga buah gazebo yang berada di sisi luar kompleks resto. Ditopang dengan kaki bambu sekitar 3 meter, gazebo ini menjadi pilihan favorit para pengunjung karena bisa menyantap makanan sambil beristirahat / melihat hamparan kebun teh di sekelilingnya. Untuk bisa mendapatkan gazebo ini, kita musti datang pagi sebelum orang lain datang. Dan kalo sudah keiisi / keduluan orang, nggak usah ditunggu deh, pasti bakal lama karena umumnya mereka betah berada di sana.

Bagi anak-anakku, Kemuning kelihatannya sangat menyenangkan. Mereka suka berlari kesana kemari di antara pohon teh. Bahkan seru banget kalo mereka main petak umpet. Tentu saat mereka bermain harus dalam pengawasan kita.

DSCI0366Pengelola juga menyajikan aneka wahana bermain untuk anak-anak dan dewasa. Untuk anak-anak ada ayunan dan beberapa permainan ketangkasan yang biasa kita lihat di halaman sekolah TK. Sedangkan permainan untuk orang dewasa adalah paint ball beserta ­battle field-nya, kendaraan ATV, dan flying fox. Semua wahana dewasa ini bisa dipakai dengan membayar terlebuh dahulu.

2011-12-24 12.10.43

Ups, makanannya apa aja ya? Secara umum sih menunya dan makanannya nggak aneh-aneh. Ikan dan ayam yang dimasak sesuai pesanan, sebagian chinese food, camilan seperti tempe goreng, tahu goreng, singkong goreng dan sebagainya. Kalau aku dan istriku sih suka dangan menu nasi bakar, gurame goreng asam manis dan cha kangkung. Nasi bakar adalah nasi yang digulung dan dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar hingga daun pisang layu atau sedikit gosong. Di dalam gulungan nasi itu berisi seperti kering teri bawang goreng. Saat gulungan daunnya dibuka dan masih ngebul-ngebul, langsung aja tuh disambar pake tangan. Rasanya hmm yoi banget. :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s